Nama : Kharismatul Nuraziza |
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika |
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
Judul Game : Driven to Win
Setting tempat : di daerah perkotaan.
Genre Game : Racing
Karakter :
- Karakter Utama/player
- Health
- Coin
Penjelasan permainan :
Si cars (tokoh utama game) bertugas sebagai supir taxi online yang mengantarkan penumpangnya.
Selama mengemudi, dipandu dengan adanya peta.
Jika supir mengemudi dengan ugal-ugalan dan terjadi kecelakaan nyawa akan berkurang dan mati.
Setelah berhasil melewati rintangan jalanan dan juga mendapat upah berbentuk coin dari penumpang maka level permainan akan bertambah sulit dan untuk menuju level selanjutnya akan di berikan 1 soal matematika yang harus dipecahkan oleh pemain.
Pengembangan permainan ini dilengkapi soal-soal HOTS yang harus dijawab, sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain dengan menyenangkan. Keterampilan sosial yang dilatih dalam
permainan ini di antaranya kemauan
mengikuti dan mematuhi aturan
permainan, bermain dengan strategi.
Keterampilan kognitif–matematika yang
terstimulasi yaitu menyebutkan urutkan
bilangan, mengenal lambang dan konsep
bilangan
Dampak :
- Bisa memacu anak untuk berani
- Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar.
- Bisa menjadi semangat anak
- Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman, dan menyenangkan.
- Meningkatkan kualitas pembelajaran anak dalam perkembangan fisikmotorik, bahasa, intelektual, moral, sosial, maupun emosional (Andang Ismail dalam Rifa, 2012: 12).
DAFTAR PUSTAKA :
[1] Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan
Game Berbasis Flash. Yogyakarta: Gava Media
[2] C. Sibero, Ivan. 2009. Langkah Mudah Membuat
Game 3D. Yogyakarta: MediaKom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar