Minggu, 10 Maret 2019

Pembelajaran berbasis game dengan pendekatan HOTS


Nama : Kharismatul Nuraziza
Program Studi Pendidikan Teknik Informatika
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Judul Game : Driven to Win
Setting tempat : di daerah perkotaan.
Genre Game : Racing
Karakter : 
  • Karakter Utama/player
  • Health
  • Coin

Penjelasan permainan : 
Si cars (tokoh utama game) bertugas sebagai supir taxi online yang mengantarkan penumpangnya.
Selama mengemudi, dipandu dengan adanya peta.
Jika supir mengemudi dengan ugal-ugalan dan terjadi kecelakaan nyawa akan berkurang dan mati. 
Setelah berhasil melewati rintangan jalanan dan juga mendapat upah berbentuk coin dari penumpang maka level permainan akan bertambah sulit dan untuk menuju level selanjutnya akan di berikan 1 soal matematika yang harus dipecahkan oleh pemain. 

Pengembangan permainan ini dilengkapi soal-soal HOTS yang harus dijawab, sehingga anak-anak bisa belajar sambil bermain dengan menyenangkan. Keterampilan sosial yang dilatih dalam permainan ini di antaranya kemauan mengikuti dan mematuhi aturan permainan, bermain dengan strategi. Keterampilan kognitif–matematika yang terstimulasi yaitu menyebutkan urutkan bilangan, mengenal lambang dan konsep bilangan

Dampak :
  1. Bisa memacu anak untuk berani
  2. Memberikan ilmu pengetahuan kepada anak melalui proses pembelajaran bermain sambil belajar. 
  3. Bisa menjadi semangat anak
  4. Menciptakan lingkungan bermain yang menarik, memberikan rasa aman, dan menyenangkan. 
  5. Meningkatkan kualitas pembelajaran anak dalam perkembangan fisikmotorik, bahasa, intelektual, moral, sosial, maupun emosional (Andang Ismail dalam Rifa, 2012: 12).


DAFTAR PUSTAKA : 
[1] Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game Berbasis Flash. Yogyakarta: Gava Media 
[2] C. Sibero, Ivan. 2009. Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta: MediaKom 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar